Beberapa Hal Strategis Dalam Mempromosikan Bisnis Kuliner Online Melalui Facebook

Apapun bentuk suatu bisnis online, entah itu jualan lewat media sosial atau lainnya, suatu

promosi yang ditunjang dengan sebuah strategi yang tepat dan efektif dalam hal pemasaran tentunya sangat diperlukan. Ini semua nantinya akan berbanding lurus dengan jumlah penjualan dan akhirnya memberikan jumlah profit serta keuntungan yang maksimal. Untuk sebuah bisnis kuliner online, tentunya hal tersebut berlaku juga dan tak bisa dianggap remeh. Untuk itulah terdapat hal-hal yang dapat dilakukan dalam mempromosikan bisnis kuliner online melalui Facebook. Bagi siapapun yang kebetulan menjalankan bisnis tersebut, inilah beberapa hal yang bisa dilakukan.

Point agar berhasil dalam mempromosikan bisnis kuliner online melalui Facebook yang pertama adalah memperhatikan terlebih dahulu jumlah pertemanan yang kita miliki. Sesungguhnya hal tersebut merupakan hal basic utama dalam internet marketing melalui sosial media, tidak hanya sebatas Facebook saja. Jika di instagram dan twitter ada istilah follower, maka di Facebook ada istilah teman atau pertemanan. Semakin banyak jumlah pertemanan kita di Facebook, maka promosi yang kita buat akan lebih besar tingkat keberhasilannya dalam meningkatkan penjualan produk kuliner kita. Secara jelasnya, siapapun yan menjadi teman di Facebook kita, mereka adalah calon dari konsumen produk kuliner yang kita jual. Jadi jumlah teman yang kita miliki haruslah terus diperbanyak.

Terdapat beberapa cara menambah jumlah teman kita, yang pertama tentunya menggunakan cara-cara yang sifatnya gratis. Yang bisa kita lakukan adalah memanfaatkan fitur cari teman dan kemudian meng-add teman dari list yang ditawarkan Facebook. Hanya saja dalam melakukan hal tersebut tiap harinya dibatasi oleh Facebook, sehingga tentunya bila kita melanggarnya malah akan mendapatkan peringatan dari Facebook. Oleh karena itu, kita memerlukan alternatif lainnya yang masih bersifat gratis pula, yaitu mengikuti atau bergabung dengan berbagai group dalam Facebook. Grup-grup dengan tema jualan di Facebook cukup banyak, untuk itu kita harus selektif dalam memilihnya. Pilihlah grup yang memiliki kesamaan tema dengan produk bisnis online yang dijalani, serta perhatikan juga apakah akun Facebook tersebut selalu aktif atau tidak. Logikanya, bila akun Facebook tersebut aktif, tentunya interaksi member di dalam grup tersebut akan semakin tinggi dan peluang kita untuk dikenal hingga akhirnya bertambah pertemanan yang kita miliki akan semakin besar juga.

Usaha menambah teman sebagai tahapan untuk mempromosikan bisnis kuliner online melalui Facebook dapat juga dilakukan dengan cara yang berbayar. Untuk hal ini, kita dapat memanfaatkan jasa penambah teman atau juga menggunakan apa yang disebut sebagai Facebook Ads. Untuk memanfaatkan atau menggunakan jasa penambah pertemanan, hendaknya kita harus memilihnya secara hati-hati dikarenakan ada juga jasa yang menggunakan akun-akun palsu dan menerapkan cara-cara yang tidak lazim. Untuk cara yang berbayar, agaknya Facebook Ads lebih menjamin. Budget yang harus kita sediakan pun dapat lebih terukur dikarenakan telah begitu jelas dan detail penawarannya oleh pihak Facebook.

Dalam mempromosikan bisnis kuliner online melalui Facebook, selain dapat mengikuti grup-grup yang ada di Facebbok, kita pun dapat membuat grup dan fanspage. Hal ini bertujuan agar kita dapat lebih leluasa untuk melakukan presentasi dan membahas produk-produk kuliner yang kita miliki. Komunikasi dengan berbagai member pun dapat terwujud secara lebih luwes dan juga tentunya teman yang merupakan calon konsumen kita semakin bertambah. Jika poin-poin tersebut telah dipraktekkan, hal yang harus dilakukan secara rutin adalah memposting hal-hal yang berhubungan dengan produk kita. Bentuk-bentuk internet marketing baik di sosial media atau media lainnya umumnya bersifat langsung dan tak langsung. Langsung berupa foto dan deskripsi produk yang bersangkutan, sedangkan secara tak langsung dapat melalui artikel-artikel atau informasi yang tidak mesti membahas produk kuliner kita tetapi tetap ada hubungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *